Selasa, 07 Agustus 2012

Tekno

Kumpulan Situs Editing Foto Online



Situs editing foto online bisa jadi merupakan alternatif terbaik bagi kita yang kurang atau tidak menguasai bidang seni dalam menggunakan Adobe Photoshop ataupun Corel Draw. Situs edit
foto online adalah sebuah situs yang menyediakan jasa layanan edit foto secara online. Untuk menggunakan situs edit foto online bisanya hanya diperlukan beberapa langkah saja tanpa harus dipusingkan dengan teknik edit foto karena tidak menggunakan software khusus seperti Adobe Photoshop atau CorelPhotopaint. Hanya dengan mengupload foto kemudian dilanjutkan dengan beberapa klik saja maka kita sudah berhasil membuat foto kita menjadi lebih keren, lucu, gokil, dan tentunya gratis.

Beberapa situs untuk edit foto secara online yang bisa kita gunakan adalah:
1. Photofunia http://photofunia.com
2. Faceinhole http://www.faceinhole.com

3. Pizap http://www.pizap.com
4. Picnik http://picnik.com
5. Pixenate http://pixenate.com
6. Festisite http://www.festisite.com
7. Funny Photo http://www.funny.photo.com
8. Fake Magazine Cover http://www.fakemagazinecover.com
9. In 20 Years http://in20years.com
10. Make Me Babies http://www.makemebabies.com
11. Hair Mixer http://www.hairmixer.com
12. Be Funky http://www.befunky.com
13. Fun Photo Box http://funphotobox.com
14. Photo 505 http://www.photo505.com
15. Dumpr http://www.dumpr.net
16. Big Huges Labs Flicker http://bighugelabs.com
17. Write On It http://www.writeonit.org
18. Mag My Pic http://www.magmypic.com
19. Loonapix http://www.loonapix.com
20. Funny Wow http://www.funnywow.com
21. Any Making http://anymaking.com
22. Blingee http://blingee.com
23. Cut My Pic http://www.cutmypic.com
24. Foto Flexer http://fotoflexer.com
25. Phxir http://www.phixr.com
26. Blibs http://www.blibs.com/editor
27. Pic Joke http://id.picjoke.net

Nah diatas tersebut adalah beberapa daftar situs edit foto online yang bisa Anda coba gunakan untuk mengedit foto Anda secara online. Semoga bermanfaat. (itv-gear)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jenis Kertas

Setelah mengubek-ubek mbah Google akhirnya sy bnyk menemukan info mengenai jenis-jenis kertas yang biasa dipakai untuk berbagai kebutuhan cetak-cetak yang berhubungan dengan dunia desain, sbb penting sekali bagi seorang graphic designer maupun yang berkecimpung di bidang digital printing, karena kualitas output atau hasil cetak harus disesuaikan dengan jenis kertas yang tepat 'jangan asal-asalan'. 

Jenis Kertas Yang Umum digunakan Offset Printing
Pengecekan hasil cetak

1. HVS
   Bahan kertasnya agak kasar ,umumnya dipake untuk Fotocopy / Printer Deskjet.
   kertas jenis ini banyak dijual di toko-toko buku (cthnya : kertas paperone,Gold,dsb)
   gramasi yang umum dipakai 70gr ,80gr , 100gr.

2. Art/Matt Paper
   Bahan kertas untuk brosur, karena permukaannya yang licin(art), atau yang semi   doff(matt).
   selain karena licin, hasil yang dihasilkan juga bagus, karena raster kertasnya halus
   gramasi yang umum dipakai 100g, 120gr , 150gr.

3. Art Karton
   Bahan kertas ini sama seperti art paper, cuma gramasinya lebih tebal.
   Banyak digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, co profile,brosur, dan cetakan lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal.
   Umumnya setelah di cetak, bahan ini di lapisi laminating lagi (optional), supaya hasilnya lebih memuaskan.
   Gramasi yang umum dipakai 190g, 210gr , 230gr , 260gr , 310gr , 360gr.
 
4. Duplex (coated)
   Bahan duplex ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya. sisi depan putih, sisi belakangnya abu-abu.
   jadi yang dicetak cuma 1 sisi, bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan box. karena harganya yang relatif murah dibandingkan bahan lainnya. Gramasi yang umum dipakai 250gr , 270gr , 310gr, 350gr, 400gr .

5. CWb/duplex putih
   Sama seperti duplex cuma bedanya bagian dalamnya putih,sehingga kelihatan lebih bersih. Banyak digunakan untuk box - box makanan.Gramasi yang umum digunakan 230gr, 250gr, 300gr.

6. Ivory
   Bahan ivory ini hampir sama seperti art karton, 2 sisinya putih, cuma ngak seputih art karton. Yang membedakan kalo art karton 2 sisinya licin. ivory cuma 1 sisi yang licin, mirip cwb cuma lebih halus cwb. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic, karena cukup tebal/kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr,250gr,270gr, 300gr,350gr.

7. samson kraft
   warna kertasnya coklat muda, bahannya daur ulang, permukaannya kasar.
   Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena kesannya klasik, jadi bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan paperbag, hangtag(khususnya untuk distro jeans)
   karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna aja.
   Gramasi yang umum di gunakan 150gr , 220gr(kartoon).

8. Bw/BC/Linen Jepang/ Concord
   kertas ini bertexture, biasanya digunakan untuk kop surat / sertifikat. Terdapat berbagai warna. Biasanya gramasinya cuma tersedia 1 macam, misnya 220gr-250gr.

9. Jasmine
   Bahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan. kertasnya agak gliter2x warna kuning. Gramasinya umumnya cuma 1 ukuran. 

10.Corugated (gelombang)
   Sesuai namanya, corugated ini karton gelombang. (seperti box indomie, dibagian dalamnya ada gelombang). Box ini kalo di cetak, umumnya di tempel lagi, ada yang ditempel pake duplex, kraft atau hvs.
   Jadi kalo dicetak fullcolor , dicetak dulu di bahan lain baru nanti di tempel.
   untuk ketebalannya bahan ini dikategorikan B flute (gelombang besar ) & E flute (gelombang kecil). 



Mesin Digital Printing
Jenis Kertas Untuk Digital Printing


Berikut adalah Bahan, material, media untuk semua kebutuhan Industri Advertising dan Digital Printing Indoor dan Outdoor.

Aneka jenis kertas Indoor :
- Pigment ( WaterProof ) = Albartos, Photo Paper Luster, Glitter, Glossy, Canvas, Coated, dsb
- Dye ( Non Waterproof ) = Albartos, PVC, Synthetic, Vinnyl, Backlite, Sticker Transparant, dsb

Heat Transfer paper / Paper sublimation
ukuran : A4, A3, Roll ( 24 " , 36 " , 50 " , 60 " , dst) . ada juga bahan Chemica

Aneka Bahan Outdoor:
Luster Solvent, Backlite Vinnyl , Canvas Outdoor, Easy Banner, PVC, Synthetic Solvent, Flexi Jerman, Flexi Korea, Mesh Flex, Glossy Photo Paper, Backlite Film PET Premium, Solvent Sticker Glossy, Matte, Blockout , Transparant, Cloth Banner, dll.

Jenis Kertas untuk Usaha Photo Digital Printing

Jenis kertas untuk mencetak foto digital dengan kualitas dan harga yang beragam. Perkembangan alat cetak (printer) sekarang ini sangat cepat, sampai-sampai kita belum sempat mengenal satu jenis printer, jenis yang lain sudah beredar dipasaran. Berbeda dengan kertas photo printing yang cenderung tetap, walaupun ada perbaikan berupa kulitas kertas dan kekuatannya. Bagi kita yang akan menggeluti dunia Digital Photo Studio mengenal jenis kertas photo printing wajib hukumnya, karena hal ini berhubungan langsung dengan kepuasan konsumen.



Bukan berarti harga kertas mahal akan menghasilkan hasil cetakan optimal, pengetahuan jenis printer (teknologi, rpm dan tinta yang dipakai) dan jenis kertas foto sangat menentukan hasil akhir cetakan (diluar kemampuan editing foto). Untuk itu kita perlu mencocokkan jenis printer, jenis tinta, rpm printer dengan jenis kertas untuk menghasilkan kualitas cetakan foto yang sesuai bahkan memuaskan konsumen.

Ada beberapa jenis kertas foto printing yang banyak beredar dipasaran, diantaranya :

1. Matte / Doff paper
Sangat mudah menyerap tinta sehingga bisa dipakai untuk ngumpetin kualitas tinta dan printer sekaligus tidak memantulkan cahaya. Mencetak foto warna bisa dilihat dari kebutuhannya. Kalau untuk dibingkai atau banyak dipegang-pegang, kertas doff lebih awet dan tidak lengket. Kertas jenis ini seringkali menjadi rekomendasi untuk kertas cetak foto dengan hasil yang bagus.

2. Sublime Paper
Kertas jenis ini bukan digunakan untuk mencetak foto sebagai pajangan dirumah, didompet atau untuk dibingkai tetapi kertas ini digunakan sebagai mediator (media perantara) transfer gambar ke t-shirt (kaos). Jadi bila kita ingin sebuah gambar dipindahkannya ke t-shirt (kaos) maka gunakanlah jenis Sublim Paper karena kertas ini mampu memindahkan tinta dengan maksimal ke t-shirt.

3. Double-Side Paper
Jenis kertas ini mampu digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisinya (depan dan belakang). Kualitas foto yang dihasilkan juga cukup bagus, tidak terlalu mengkilap dan cenderung doff. Jenis kertas ini cocok digunakan untuk mencetak pamflet yang biasanya digunakan untuk sarana promosi, sehingga para konsumen dapat melihat dikedua sisinya.

4. Fiber Matte
Kertas Fiber Base paling tahan lama, karena dia menggunakan kertas dengan pH netral ( biasa di sebut Archival Paper ).

5. Pemium Glossy Photo Paper
Kertas jenis ini biasa disebut oleh para penggunanya dengan sebutan high glossy, kertas jenis ini mampu menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap. Kertas jenis ini sangat cocok untuk mengcetak foto dengan resolusi tinggi. Walaupun harga kertas ini lebih mahal tetapi jika kita gunakan, akan menghasilkan cetakan foto yang maksimal dan lebih cerah.

6. Sticker Glossy Photo Paper
Sering kita menjumpai sticker yang menampilkan foto dengan warna dasar kertas putih dan mengkilap, jenis ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker serta mampu mencetak foto beresolusi tinggi.

7. Laster Photo Paper
Laster foto paper biasanya digunakan untuk keperluan dokumenter karena jenis kertas ini sangat awet bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun, tidak mudah pudar, mampu menghasilkan efek doff, dan sangat cocok untuk foto dengan resolusi tinggi. Permukaan kertas yang mirip kulit jeruk adalah ciri khas untuk membedakan dengan jenis kertas lain. Ketahanan hasil cetakan membuat para konsumen puas, mungkin jenis ini bisa menjadi pertimbangan jika kita ingin serius didunia digital foto printing.

8. Glossy Photo Paper / glanz paper
Kertas ini merupakan jenis standar cetak foto. Dengan jenis kertas yang mengkilap, permukaan memantulkan cahaya, permukaan lebih lengket terhadap kaca pigura dan putih mampu menghasilkan cetakan yang standar. Dapat digunakan untuk foto resolusi tinggi dan harga kertas yang relatif murah (standar cetak foto).

9. Canvas Paper
Jenis kertas ini jika kita gunakan untuk mencetak foto akan menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas layaknya sebuah lukisan. Hasil akhir cetakan akan menampilkan foto yang persis dengan kertas canvas.

10. Inkjet Paper
Kertas ini kurang cocok untuk keperluan digital foto printing, jenis kerta inkjet ini biasanya digunakan untuk keperluan grafis, seperti mencetak sketsa gambar, proof arsitektur rumah, grafik bar, dan sebagainya. Kualitas kertasnya lebih bagus dari jenis HVS karena serapan pada tinta lebih bagus dan cepat kering.

11. Metallic paper
Seperti glossy, tapi lebih mengkilap lagi, ada sedikit warna keemasan /metalik. Metallic paper mempunyai permukaan halus dan terlihat agak mengkilat. Sangat cocok dengan namanya karena ada titik-titik metallic pada permukaan kertas ini.

12. Metallic + laminating paper
Hampir sama dengan metallic paper namun pada salah satu sisi ada plastik atau sejenisnya yang menutupi.

13. Silky Paper
Permukaan kertas lembut namun tidak mengkilat. Daya lekat tinta cukup tinggi sehingga tinta tidak mudah bercecer. Sekaligus bagian permukaan kertas ini tidak mudah terbawa oleh head printer membuat hasil cetakan menjadi lebih baik.

Itulah jenis-jenis kertas yang banyak beredar dipasaran, tetapi sebenarnya masih banyak jenis lainnya. Jenis yang sudah dijelaskan adalah yang paling mudah untuk ditemukan disekitar kita. Kemampuan kita sangat mempengaruhi hasil akhir cetakan, dengan mengenal jenis kertas memudahkan kita menyesuaikan dengan keperluan cetak. Setiap merk kertas mempunyai tingkat daya serap tinta yang berbeda yang juga akan berpengaruh pada hasil cetakan. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan penjual kertas (grosir) untuk mengetahui hasil lebih detail atau mencobanya satu persatu untuk mendapatkan pengalaman. Namun jika sekedar mini studio, ambil kertas glossy dan doff sudah mencukupi.
sumber: ahlidesain

3 komentar:

  1. info mengenai kertas nya komplit banget,, sip mas trims banget

    BalasHapus
  2. Good collection . I appreciate you collecting sites . All are useful for me .

    BalasHapus
  3. I am glad to be one of the visitors on this great site.appreciate it for putting up.

    BalasHapus