Kamis, 22 September 2011

Wajit Cililin


Wajit Cililin
Wajit, Dodol & Angleng
Bagi orang Bandung siapa ngga kenal dengan ‘Wajit’ yang merupakan makanan khas daerah Cililin. Makanan tradisional ini sudah turun temurun menjadi trade mark oleh-oleh daerah Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, yang kesohor karena rasa legit di lidah atau manis dan kenyal. Makanan yang di bungkus dengan daun jagung kering mengerucut ini menjadi khas dan mudah untuk dikenali.

Dodol Kacang
Wajit terbuat dari campuran bahan-bahan yang sangat mudah dicari dipasar tradisional maupun supermarket, yakni dari beras ketan, gula putih, gula merah, dan kelapa. Bahan-bahan tersebut dimasukan ke wajan besar kemudian diberi air dan dipanaskan dan di campur menjadi satu hingga mengental kemudian adonan akan dibungkus oleh daun jagung yang sudah kering. Setelah wajit terbungkus dengan rapi maka wajit pun dijemur di atas terik panasnya matahari, dengan menggunakan nampan terbuat dari anyaman bambu. Setelah wajit dijemur dan nampak kering, wajit siap dihidangkan dan dinikmati.

 Sekarang ini Wajit banyak digunakan sebagai makanan cemilan saat acara resepsi pernikahan atau acara-acara lainnya, yang disajikan tampa bungkus jagungnya, tetapi hanya menggunakan alas berupa piring-piringan yang terbuat dari kertas daur ulang ataupun plastic, yang ditambahkan susu cair untuk tampilannya menarik.

Wajit Cililin merupakan salah satu dari berbagai macam oleh-oleh khas Bandung yang sempat menjadi primadona. Walaupun Wajit ini berasal dari Cililin daerah Kabupaten Bandung Barat, namun minat masyarakat Bandung dan luar Bandung pada panganan ini begitu banyak. Sehingga para distributor makanan terutama oleh-oleh khas Bandung terus memasok Wajit ini langsung dari produsennya di daerah Cililin.

Angleng
Jika Anda berkunjung ke daerah-daerah yang ada di sekitar Cililin, seperti Saguling, Curug Malela, Sindangkerta dan lainnya, Wajit gampang dijumpai dibeberapa lokasi seperti sekitar jalan Alun-alun Cililin, Jl. Sasak Bubur (sebelum dan sesudah jembatan sasak bubur), dan di perempatan Cihampelas. . Selain wajit, ada beberapa makanan khas dari Cililin yang kemasannya hamper mirip dengan Wajit, yaitu Angleng, Dodol Kacang dan Lamaya. Kalau Wajit bentuk kerucut, sedangkan Angleng bentuknya seperti leupeut, dodol kemasannya seperti lemper dan Lamaya seperti dodol biasa Cuma bentuknya kotak persegi panjang. Bahkan banyak para penjual wajit menyajikan berbagai makanan khas lainnya yang cukup terkenal seperti kerupuk gurandil, dorokdok, dll.

Lamaya (kemasan permanen ngga ada saingan)





0 komentar:

Posting Komentar